March 19, 2012

Presiden: 4 alasan HAKI penting

Empat alasan pentingnya HKI menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono:

Menurut Presiden, paling tidak ada empat alasan penting mengapa HKI itu penting.
Pertama, karya intelektual itu menyangkut sesuatu yang berdimensi jangka panjang bagi bangsa Indonesia dan berkaitan dengan kemajuan suatu peradaban.
Kedua, HKI memberikan perlindungan dan penghormatan terhadap hak kekayaan intelektual. Hal ini akan mendorong untuk berkarya di bidang HKI.
Ketiga, pemberian insentif bagi mereka yang ‘berkeringat’, yakni mereka yang berkarya. Merekalah yang mendapatkan insentif. Karena ia telah bekerja keras intelektual (intellectual power). Kerja keras itu patut mendapat penghargaan.
Keempat, adanya tim nasional yang melakukan penegakan hukum dan perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual, maka hak milik intelektual itu janganlah dibajak atau dicuri. Inilah yang disebut intellectual protection yang merupakan indikator terhadap daya saing bangsa ini dalam pergaulan internasional.
Dalam kaitan perlindungan HKI, Presiden menekankan tiga karakteristik bangsa yang maju. Pertama, menjunjung tinggi, menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Kedua, bangsa itu menghormati pranata hukum (rule of law) dan perlindungan HKI (rule of intellectual property right). Ketiga, memiliki etos kerja yang tinggi dan bekerja keras untuk melakukan karya inovatif dan mendapat pengakuan HKI. http://www.nagaswarafm.com/indonesia-peringati-hari-hki-se-dunia.php

No comments:

Post a Comment