Pages

September 21, 2014

Media Sosial: Pergeseran Nilai Budaya

Kemajuan zaman, perkembangan teknologi, modernitas di segala bidang saat ini sangat mempengaruhi aspek kehidupan manusia, salah satunya media sosial. Media sosial yang ada dan tersedia hampir di setiap genggaman orang nyatanya tidak menjamin terciptanya hubungan sosial yang baik.
Pic: ciputranews.com
Pic: ciputranews.com
Fenomena media sosial saat ini seperti telah beralih fungsi. Mengapa saya katakan beralih fungsi? karena media sosial sudah tidak lagi mengharmoniskan hubungan sosial antar manusia, tidak lagi menghangatkan hubungan sosial satu sama lain, bahkan kita pernah mendengar media sosial malah memperburuk hubungan sosial sekelompok orang.

Untuk menghindari hal-hal yang dapat memperburuk hubungan sosial saya dengan orang lain, saya pun mengurangi dan membatasi intensitas saya dalam memanfaatkan/menggunakan media sosial online. Saya sendiri sangat merasakan perbedaan yang signifikan ketika saya menyapa teman saya di media sosial terasa begitu hangat dan akrab, berbeda halnya ketika saya menyapa teman saya secara langsung saat bertemu terasa biasa saja bahkan saat bersalaman dengan orang lain terasa mereka seperti tidak menggenggam tangan saya (alias: tidak niat).
good-to-talk
www.rainmakerfiles.com
salaman
thefmguru.wordpress.com
Banyak pakar motivator menyampaikan hal ini, "kita dapat melihat orang lain antusias dengan kita pada saat kita berbicara dan bersalaman dengan mereka". Melihat dan merasakan pergeseran nilai-nilai sosial dalam masyarakat saat ini saya justru tidak lagi merasakan antusiasme banyak orang ketika saya berbicara dengan beberapa orang, kehangatan ketika saya bersalaman dengan orang lain, bahkan ketika berbicara mereka sibuk melihat gadget mereka. Dimanakah nilai-nilai budaya yang kita kenal selama ini? Apa yang terjadi dengan budaya anak bangsa saat ini sangat dipengaruhi perkembangan teknologi.  
couple ignoring each other while one uses a smartphone
www.theguardian.com
Tetapi ketika kita tidak selektif dalam memanfaatkan teknologi maka kita hanya akan menjadi korban kemajuan teknologi, dan akan terseret oleh arus yang dapat membahayakan diri sendiri.
kid-ignored
http://safe.si
Kita memang tidak dapat menolak/menghalangi perkembangan teknologi saat ini. Kita menyadari banyak bidang aktivitas dan pekerjaan kita yang sangat terbantu oleh adanya media sosial berbasis teknologi. Tetapi kita juga dituntut untuk bijak dalam memanfaatkan media sosial tersebut. Perlu diingat bahwa kita adalah makhluk sosial dimana kita tidak dapat hidup sendiri. Ada baiknya media sosial digunakan untuk bersosialisasi dengan orang yang jauh dengan kita agar terasa dekat, bukan "menjauhkan orang-orang yang dekat dengan kita".

-Angelita-

No comments:

Post a Comment