January 8, 2012

Nenek Jenius

Gut siang blogger..
Pengen cerita nih, kemarin malam saya beli martabak nih (cemilan favorit) di pinggir jalan ya gak jauh dari rumahlah.. Setelah pesan sama tukang martabaknya saya duduk di bangku yang disediakan sambil nunggu martabak selesai dibuat. Pas duduk di bangku sebelah saya ada seorang nenek yang sudah ada sebelum saya dateng. Nenek itu langsung ajak ngobrol saya tanpa sungkan. 
Si nenek nanya ke saya: "Dek, masih sekolah nggak..?" Terus saya jawab: "Iya.. saya masih sekolah". Terus nenek itu tanya lg, "Sekolah dimana dek?" Terus saya jawab, "saya kuliah di USU nek".
Setelah saya bilang sama si nenek kalau saya kuliah, si nenek langsung tanpa basa basi menceritakan pengalaman sekolahnya sewaktu jaman penjajahan Jepang dan Belanda. Sungguh exited banget dengernya. Si nenek menceritakan dulu waktu beliau sekolah diajar pakai bahasa Jepang dan Belanda. Dengan sangat fasihnya (saya sempat terpana tuh) beliau mengucapkan beberapa kalimat dalam bahasa Belanda (jujur saya gak ngerti artinya) dan mengajarkan saya berhitung angka 1-10 dalam bahasa Jepang. ASLI.. hebat banget tuh nenek memori ingatannya masih bagus. Si nenek juga menceritakan dukanya sekolah di jaman penjajahan, beliau harus berjalan kaki puluhan kilometer, babak belur disiksa penjajah, berjuang supaya bisa merdeka, dan pengalaman pahitnya. Karena terkesan banget denger ceritanya, saya pun bertanya, "Nenek umur berapa sekarang, masih sehat ya nek?" Si nenek menjawab, "umur saya 81 tahun, tapi saya gak pernah merasa sakit". Wow..  semangat hidup yang tinggi!

Melihat martabak saya yang hampir selesai dibuat, si nenek bertanya lagi sama saya. "Pesan martabak apa dek tadi? martabak mesir atau martabak india?" Saya pun menjawab dengan rada kebingungan, "saya pesan martabak keju cokelat nek". Saya pun gak pernah ngeh apa beda martabak mesir sama india.. Tapi herannya saya si nenek juga menceritakan sejarah martabak mesir dan martabak india bisa masuk ke Indonesia.. Beliau juga menjelaskan dengan ingatannya yang tajam (setajam silet) negara Mesir ada di benua apa dan berbatasan dengan negara-negara apa saja, begitu juga dengan India ada di benua apa. Omaygat.. Salut banget sama itu nenek. Walaupun belum kenal sama orang, beliau mau kasi ilmunya yang berharga itu. Bersyukur banget sama Tuhan bisa dipertemukan dengan orang seperti nenek itu (gak ada yang kebetulan). Pelajaran yang bisa saya ambil bahwa kita hidup harus punya KUALITAS, meskipun kita sudah tua tapi kualitas kita masih bisa dilihat orang banyak. 

God Bless You.

No comments:

Post a Comment